Photobucket

Sunday, April 29, 2012

Salju Di Musim Semi

Setiap pergantian musim, selalu diawali dengan hujan deras dan angin kencang, para penduduk yang keluar rumah tentu bermantel dan syal, bertopi rajut tebal, bahkan ditambah payung lebar sebagai usaha optimal menjaga kesehatan tubuh yang harus tahan banting terhadap perubahan cuaca ekstrim.

Pada musim dingin di penghujung tahun 2011, Krakow berselimut salju hanya pada tanggal 22 dan 23 desember, selanjutnya salju tidak turun hingga akhir januari menetesken rintiknya yang sangat tipis. Kemudian di pertengahan februari, salju lebat, namun hanya beberapa hari, dan jalanan dapat cepat dibersihkan oleh petugas karena suhu segera naik menjadi hangat. Dan datanglah bulan maret yang banyak hujan mengawali musim semi, setiap stasiun televisi tentu memberitakan banyaknya pasien ‘common flu’ di rumah sakit-rumah sakit, dan penduduk disarankan untuk menambah daya tahan tubuh dengan meningkatkan konsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan, terutama buah-buahan dan sayuran. Jahe adalah ‘harta yang mahal’ disini, begitu pula sayuran hijau, seporsi salad sayur yang benar-benar segar tersedia di kedai dengan harga sekitar lima puluh ribu rupiah atau lebih.
“Tahun lalu di Turkey sudah panas di bulan maret, suhu sekitar dua puluh derajat Celsius… dan di Krakow sangat dingin”, ujar sister Yasmin. Ia mengejutkanku dengan menelepon dan memberitahukan bahwa dirinya telah berada di Krakow lagi, padahal tadinya kami sudah ‘say bye-bye’ di bulan januari karena ia sekeluarga harus back for good ke Turkey alias tidak kembali ke Krakow lagi. Ternyata kami masih ‘berjodoh jumpa lagi’, Alhamdulillah… “Saya dan keluarga hanya tiga bulan, sist… kembali kesini dengan Visa On Arrival…”, ujarnya.
Yah, mereka sekeluarga berkunjung dan makan siang bareng di appartemen kecil kami minggu lalu, kami semua merasakan betapa besar nikmat & berkah Allah ta’ala yang selalu terlimpah buat kami disini, keluarga Yasmin & keluargaku tak seberapa sehat di cuaca yang banyak angin dan hujan, apalagi ternyata masih ada salju yang turun di musim semi (yang beberapa minggu lalu, suhu Krakow sudah hangat sekitar 18 derajat Celsius), namun kebahagiaan amat kami rasakan ketika bersilaturrahim seperti siang itu.
...sambungannya langsung baca di link eramuslim-Oase iman saja ;-) Salam Ukhuwah dari Krakow (^-^)

1 comment:

fitri anita said...

alhamdulillah bs mampir kesini lagi