Photobucket

Sunday, November 10, 2013

Kenampakan Alam SumSel


Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh. :-)

Secuil sharing tentang sebuah tanya di sudut hati, "Apakah efeknya jika kita mempelajari kenampakan alam wilayah Indonesia?"

Bang Azzam (yang saat ini baru saja mengerjakan PR IPS, bab Sumber daya Alam ;-)) menjawab, "Mau kesana, kapan yah mi?"

:-) hehehe, begitulah kita, seumur hidup pun, tak akan cukup masa untuk menapaki satu demi satu berbagai kenampakan alam di tanah air kita, Indonesia nan luas. Danau, sungai, lembah, bendungan, gunung, pantai, pulau-pulau kecil jumlahnya sangat banyak. Ibu gurunya mengingatkan saja, supaya 'setidaknya' murid-murid mengetahui lokasi kenampakan alam tersebut. Jadi murid-murid (yang notabene berada di tanah rantau, daratan Eropa bersama orang tuanya) diberikan tugas untuk mencatat apa-apa saja kenampakan alam di provinsi asal mereka.




Maka Abang Azzam pun menuliskan "Kenampakan Alam Sumatera Selatan (SumSel)" karena kota Palembang (ibu kota SumSel) adalah kota kelahirannya, (^-^). 






#Alhamdulillah di bab tentang "Sumber Daya Alam Indonesia" tersebut, anakku menjadi tahu bahwa bumi pertiwi amat luas. Ia jadi mengerti tentang alasan sahabat-sahabat di luar negeri (yang biasanya) sering berkata, "Wow, you came from Indonesia?! That's very beautiful country! Sebenarnya pelajaran IPS kurang disukainya, sebab banyak hafalan, euy... *tepok jidat* kayak emaknya dulu, paling malas kalau membaca hafalan-hafalan nama-nama tarian daerah, dll, hehehehe. Cuma, tergantung suasana juga, kadang-kadang jadi rajin baca-baca, yang kemudian melekat pula dihafalkan oleh otak :-P, apalagi kalau mengenai bab-bab yang membuat bang Azzam tertarik, semisal tentang bendera-bendera negara lain (tapi ini yang IPS-versi sekolah Poland , yang kurikulumnya juga Cambridge-UK).

Btw, Bang Azzam memang masih melanjutkan Sekolah Indonesia-Nederland (jadi dia Online tengah malam di KL, waktu Eropa sore) karena dia mau masuk Sekolah Indonesia-KL (yang masih 'full-seat'), Bang Azzam tidak mau 'join ke sekolah Internasional yang beberapa telah kami kunjungi'. Si abang sholih ini sudah punya beberapa alasan dan pertimbangan ketika berdiskusi *serius-santai* dengan ummi-abinya, :-D.

Kembali tentang kenampakan alam, khususnya di Sumatera Selatan, Saya simpan di blog ini sebagai arsip---sekaligus mengenang tulisan abang di kelas 4 SD ini, hihihi... 





Tambahan yang tidak disebutkan : ada Gunung dempo dan Bukit Jempol di Sumatera Selatan.

<3 "Selamat Hari Pahlawan buat semua pahlawan tak dikenal yang gugur dalam perjuangan sejati, barokalloh!"


Barokallohu fiikum! Salam Ukhuwah yah! 
Wassalamu'alaykum Warohmatullohi Wabarokatuh...
 t: @bidadari_azzam

No comments: