Photobucket

Thursday, January 8, 2009

Tips Bertransaksi Melalui ATM

(bisa baca artikel : disini nih dan dari berbagai sumber pengalaman, :-)

Tips saat bertransaksi menggunakan ATM, antara lain :
1. Pertama2, kalo' lagi terburu2 beraktivitas, sebaiknya batalkan rencana mengambil cash via atm, karena seringnya "saat terburu2" adalah "celah kecerobohan".
2. Pilihlah mesin ATM yang berada di tempat keramaian, seperti di pusat-pusat perbelanjaan atau kantor-kantor yang menyediakan gerai ATM. Karena di tempat tersebut dilengkapi dengan sekuriti. ATM di Bank yg bersangkutan (area dalam bank tsb pasti ada CCTV dan security guardnya)malah lebih baik lagi.
3. Hindari ATM di tempat2 sepi, tanpa Camera-nya, atau ada "orang mencurigakan" yg nongkrong disana.
4. Pastikan saat nomor PIN dipencet, orang yg antri di belakang anda tidak "ngintip2", maka tutupi jari-jari yg sedang pencet PIN dgn tangan kiri.
5. Untuk penarikan uang, jangan berlebihan, sesuai keperluan saja.
6. Simpan struk/ slip penarikan, slip transfer dsb, jgn dibuang disitu secara utuh (kalo mau buang, robek2 dulu...) 'coz jika saldo anda banyak, ini membuat perampok tergoda.
7. Setelah Anda melakukan transaksi, sebaiknya Anda masukkan lagi kartu Anda dan masukkan PIN secara acak yang tidak sesuai dengan PIN Anda, lalu batalkan proses transaksi di ATM alias tekan "cancel". Hal ini untuk menghindari kemungkinan PIN tersebut masih "termemori" di mesin ATM.
8. Periksa dengan cermat, pastikan kartu ATM anda sudah disimpan dgn aman sebelum beraktivitas selanjutnya. jangan lupa, perhatikan situasi sekitar, pastikan tidak ada "orang yg mengincar" anda.
9. Jangan panik bila ada "kasus ATM tertelan". Telponlah call centre, JANGAN tergoda bantuan orang sekitar. pastikan pihak bank(saat anda telpon call centre tsb) telah memblokir kartu anda yg "tertelan" itu, barulah anda dapat meninggalkan ATM dgn aman.
10. Percayalah hati nurani. Kalau ada keraguan saat bertransaksi di ATM, batalkan saja. Hindari ke ATM saat malam hari.
Banyak kasus "aneh" yg terjadi apalagi di Indonesia, penarikan uang berganda-lah, ATM tertelan truss saldo habis-lah, orang lugu yg "menawarkan" bantuan yg ternyata hacker dan "mentransfer" uang kita dari jarak jauh-lah, bahkan ada kaitan dgn hipnotis, juga "permainan" oknum aparat. Naudzubillah, smoga kita terhindar dari kelalaian...amiiin.
Ingat (pesan bang napi...:-P di tipi kan), "kejahatan terjadi karena ada niat dan atau kesempatan bagi pelakunya", waspadalah! waspadalah!!!

Semoga bermanfaat... :-)

No comments: