Photobucket

Saturday, July 18, 2009

Yoook jaga Kesehatan...

"Allahumma afini fii badanii, Allahumma afini fii sam'i, Allahumma afini fii bashori...Laa ilaha illa Anta",
bagaimana ikhtiar optimal kita dalam menjaga kesehatan lahir dan bathin, terutama di musim "berbagai penyakit" saat-saat ini ?
Berikut sedikit info tips sehari-hari :
1. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan sesudah buang air besar maupun kecil. Perhatikan kuku-kuku, debu yang menempel, kotoran di jari, dsb. Cuci tangan pakai sabun cuci tangan dan air yang bersih, gosok-gosok, basuh dengan air yang bersih dan mengalir. Lap dengan lap yang bersih, atau diangin-anginkan jika tidak ada lap... termasuk yang sering menggunakan keyboard komputer nih harus semakin banyak cuci tangan juga.
2. Sering-sering minum air putih, khususnya untuk pekerja kantoran yang banyak duduk di kursi dan bekerja di depan komputer. Tips teman saya yang mungkin patut dicoba adalah, rajin-rajin minum air putih sebelum dan sesudah sholat fardhu, kalau bisa juga sebelum dan sesudah sholat sunnah (misalnya shalat dhuha, dan qiyamullail). Yang pasti, ketika makan juga diiringi dengan minum air putih.
3. Selalu cuci sayuran dan bahan masakan lainnya (yang harus dicuci) sebelum di masak dengan air bersih yang mengalir.
Ini pengalaman pribadi, kalau bisa jangan gunakan air PAM untuk minuman (walaupun sudah dimasak). Lebih baik gunakan "air galon" yang original (bukan yang isi ulang) untuk minuman.
4. Perhatikan kebersihan piring dan gelas sebelum digunakan. (di appartement mewah, biasanya ada alat steril piring-gelas, :-D )
5. Sering-sering dalam kondisi berwudhu, dijamin senantiasa segar lahir batin, insya Allah.
6. Jaga disiplin waktu untuk bekerja dan istirahat. Jangan sering-sering begadang, bekerja jangan terlalu berlebihan, sesuai proporsinya saja. Istirahat juga jangan kebanyakan tidur, secukupnya. Semua ada porsinya.
7. Makan makanan yang bergizi seimbang dengan teratur.
8. Secara berkala potong kuku, cukur bulu kemaluan, cabut bulu ketiak, pendekkan kumis, rapikan jenggot, rapikan/sisir dan bersihkan rambut, dan jangan cabut uban. (tanya kenapa...? aduuh, yg ngirimi email blom njelasin tuh. :-D )
9. Sediakan selalu kotak obat / P3K. Kalau bisa pisahkan antara obat luar dan obat dalam. Jauhkan kotak dari jangkauan anak-anak.
10. Jangan merokok dan dekat-dekat dengan perokok. Tegur orang disamping atau yang seruangan dengan Anda jika mereka merokok. (syusah yaks bagian ini, hehehehehe...)
11. Hindari udara berdebu, berpotensi penuh bakteri. Gunakan masker anti debu jika mengendarai motor. Ketika hujan ringan (gerimis) upayakan jangan mencoba melewatinya jika tidak terpaksa, karena ketika gerimis debu juga berterbangan.
12. Jika memungkinkan, lakukan General Check-Up ke dokter secara teratur.
13. Bersih-bersih (wudhu/mandi) sebelum dan sesudah melakukan hubungan suami-istri, bagi yang sudah menikah.
14. Jangan lupa "beres-beres teratur", nyapu-ngepel (skalian olahraga nih...), bersihkan lemari, gorden, debu-debu dimusnahkan dari lingkungan kita, perhatikan tempat-tempat "persembunyian nyamuk", yo...mari-mari bersih-bersih... :-D
15. Jangan lupa (teteeep) syukur dan sabar. kalau sakit, disyukuri juga, tandanya Allah SWT masih ngasih perhatian. Alhamdulillah... Juga jangan lupa untuk menjaga silaturrahim dgn tetangga2 dan saudara-saudari, ini menambah kekuatan jasmani rohani lhooo. Ungkapkan kasih sayang kepada teman-teman via email atau sms kalau tidak dapat menengok mereka yang sedang sakit, ;-)

(^-^) salam sehat lahir bathin, :-)

No comments: