Photobucket

Thursday, July 26, 2012

Barokalloh! ^-^





Assalamu'alaykum, Sohib-sohib muallaf di Krakow dan teman-teman non-muslim ternyata senang mengintip blog ini pula, :-) Welcome, Witamy!...

Beberapa hari lalu, di antara mereka ada yang bertanya tentang makna "Barokalloh..." yang sering kuucapkan. Saya pun bilang bahwa "Barokalloh" adalah do'a, tulisannya dalam bahasa Arab bermakna Semoga Allah memberkahimu, :-)

Salah satu petikan informasi mengenai hal ini adalah sebagai berikut :

Asy Syaikh Ahmad bin Yahya An Najmi ditanya: Apa hukumnya mengucapkan, “Syukran (terimakasih)” bagi seseorang yang telah berbuat baik kepada kita?

Beliau menjawab:

Yang melakukan hal tersebut sudah meninggalkan perkara yang lebih utama, yaitu mengatakan, “Jazaakallahu khairan (semoga ALLAH membalas kebaikanmu).” Dan pada Allah-lah terdapat kemenangan.

Menjawab dengan “Wafiika barakallah”. Apabila ada seseorang yang telah mengucapkan do’a “Barakallahu fiikum atau Barakallahu fiika” kepada kita, maka kita menjawabnya: “Wafiika barakallah” (Semoga Allah juga melimpahkan berkah kepadamu) (lihat Ibnu Sunni hal. 138, no. 278, lihat Al-Waabilush Shayyib Ibnil Qayyim, hal. 304. Tahqiq Muhammad Uyun)


Menjawab dengan “jazakallahu khair”.

Ada satu hadits yang menjelaskan sunnahnya mengucapkan “jazakallahu khairan”, dari Usamah bin Zaid radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan : jazaakallahu khair (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya.” (HR.At-Tirmidzi (2035), An-Nasaai dalam Al-kubra (6/53), Al-Maqdisi dalam Al-mukhtarah: 4/1321, Ibnu Hibban: 3413, Al-Bazzar dalam musnadnya:7/54. Hadits ini dishahihkan Al-Albani dalam shahih Tirmidzi)

Ada beberapa ketentuan dalam mengucapkan jazakallah (terkait 'grammar arabic' yaitu :

- jazakallahu khairan (engkau, lelaki)

- jazakillahu khairan (engkau, perempuan)

- jazakumullahu khairan (kamu sekalian)

- jazahumullahu khairan (mereka)


Alangkah senangnya memiliki kebiasaan saling mendo'akan dengan sahabat di seluruh penjuru dunia, Alhamdulillah. Tentunya kita ingat pula bahwa puncak dari pemahaman ilmu dan iman adalah aplikasi akhlaq yang terpuji dalam amalan hidup sehari-hari, insya Allah. Semoga secuil artikel ini bermanfaat di dunia dan akhirat, Barokalloh always, Wallahu ta’ala a’lam bissowab

Salam Ukhuwah dari Krakow! :-)

Twitter follow : @bidadari_azzam

Wassalamu'alaykum Wrwb.

2 comments:

Fitri3boys said...

selalu senang mampir kesini

bidadari_Azzam said...

asslkm, mbak Fitriiiiiii.... inbox di FB donk, koq di twitter belum OL-OL yah say?

*aq kan mudik yll lupa nanyain boneka hijab-an*, idih mbak Fitri gak ngingetin, pasti saking produksi makin berlipat-lipat yah, later please sempatin di inbox say, yah, mudah2an next mudik aq mau order ^^