Photobucket

Wednesday, December 18, 2013

Lima Hal yang Jangan Dilewatkan Setiap Awal Subuh

Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh. :-) 





Tahmid wa sholawat,
Maafkan lahir dan bathin atas hak-hak saudara/i yang belum tertunai, atas WA dan email yang tak terbalas misalnya, maklum yah, Saya 'kejar-kejaran' dengan kereta--- -_- kereta waktu maksudnya :-D

Jelang subuh ini Saya share dikit sebuah renungan pribadi, yang sudah jadi kebiasaan lama sejak kecil, insya Allah... 

Lima Hal yang Jangan dilewatkan setiap awal subuh, yaitu :

1. Bersyukur, bersyukur dan bersyukur... Karena sudah bangun dari 'tidur panjang' (bayangkanlah, di tempat lain, ada lho yang tidak bangun lagi, tiba-tiba sudah ke alam barzah ketika jam tidur malam... :-(( sedangkan diri kita masih punya kesempatan untuk memperbaiki diri...;-))
Alhamdulillah.... *Thank You Allah* 

Bersyukurnya tidak perlu dilempar di FB atau twitter sih, sayaaang...
:-)) 
Pokoknya jangan kalah saja dengan syukur kokok ayam jago, syukur cuit-cuitan burung, lafadz syukur bunga-bunga di taman, lafadz syukur para semut, wah malunya kalau kita bangun kesiangan, sampai lupa bersyukur menyambut subuh >_<


"Tidakkah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya.  Masing-masing telah mengetahui (cara memujaNya) sembahyang dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan." (QS. An-Nuur:41)

2. Segera bebersih badan, berwudhu, atau mandi, supaya segar dan tidak mengantuk lagi. 
Mandi pada jam ini sangat bagus, lho... Udara segar, 'kalau yang kamar mandi barengan' efeknya yah menghindari antrian (hehehehe ingat zaman anak kos, :-p), paling dahsyat itu pas mata jadi tidak mengantuk lagi, sehingga bisa konsen untuk membaca qur'an atau buku-buku pelajaran menjelang adzan subuh.

3. Mengintrospeksi diri, mengenai kejadian kemarin, bukan melamun atau bengong. Kita renungkan tentang hal kemarin, apa saja yang belum terlaksana di hari kemarin, maka kemudian dihadirkan tekad dalam hati bahwa hari ini harus bisa melaksanakan 'tugas-tugas' atau projek yang belum rampung tersebut. Optimis, teruskan ikhtiar, yoook!

4. Banyak beristighfar, bacaan dzikrulloh, supaya terjauh dari resah gelisah. Istighfar adalah bentuk taubat kita, insya Allah dosa-dosa yang menempel digugurkanNya dalam bait-bait istighfar yang kita lantunkan sepenuh hati. Astaghfirrulloh.... 

Astaghfirullahal-ladzi la ilaha illa huwal-hayyul qayyumu wa atubu ilahi...

 

Aku memohon ampunan kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia, Yang Mahahidup lagi Maha Menegakkan dan aku bertaubat kepada-Nya. (HR Abu Dawud, Tirmidzi, Hakim)

 


Tulisan doa ampunan-pic from google


5. Baca-baca, kalau baca quran---renungkan terjemahannya, meski hanya satu ayat, syukur-syukur #Alhamdulillah dapat di-forward dalam obrolan kepada anggota keluarga (suami/istri/anak-anak) meski hanya satu ayat. 
Naaah, Kalau baca buku, baca blog, email, artikel, dll yang bermanfaat, meski hanya dua baris dalam satu halaman misalnya, meski sempatnya satu paragraf saja, cobalah ingat secuil nama penulisnya, kemudian doakanlah dia. :-) Jadi efek 'baca-baca' ini sekalian memunculkan spontanitas do'a ---mudah-mudahan ikhlas lillahi ta'ala, doakanlah saudara/i kita yang tengah bergelimang ujian beragam, saudara/i kita yang sedang berada dalam kemerosotan moral, yang sedang berada di persimpangan jalan, juga yang sedang belajar menulis hikmahNya sebagaimana yang saya lakukan. 

Ketika kita mendo'akan dengan khusyuk & 'rahasia --- tanpa pemberitahuan ke si anu dan si itu' masya Allah dahsyat efeknya, say :-)

“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama,” (HR. Muslim no. 4912).


“Doa seorang muslim untuk saudaranya (sesama muslim) tanpa diketahui olehnya adalah doa mustajabah. Di atas kepalanya (orang yang berdoa) ada malaikat yang telah diutus. Sehingga setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yang diutus tersebut akan mengucapkan, “Amin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu.” 

Masya Allah...

Jangan lewatkan lima hal ini, yah sobs... Insya Allah semangat menyambut pagi berkah, yah!


"Bukan penghargaan namanya kalau mengandalkan isi dompet, penghargaan adalah apa yang kita utarakan dalam doa kepadaNya dengan setulus hati" (quote pribadi) sebagai pengingat supaya di antara kita harus menghindari 'pelit-pelitan', apalagi pelit buat berdo'a, idiiih rugi banget! ^_^






Itu dulu yah dearest readers, semoga kalian makin cantik dan ganteng dalam limpahan hidayahNya, aameen...

I love you because Allah...


Barokallohu fiikum, Salam Ukhuwah ... ^-^ ❤ Mari silaturrahim via twitter : @bidadari_azzam 

Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh. :-) 

3 comments:

Rinrin Rinjaniah said...

Waaahhh,,, aku suka kesiangan neh. Tapi, lagi berusaha untuk bangun pagi,,, doakan saya yah mba

Ahmad Saadillah said...

SubhanAllah ...
luar biasa sekali ...

follow blog saya ya
http://infoejaman.blogspot.com

bidadari_Azzam said...

Assalamu'alaykum, Sist Rinrin, sama2 saling do'a say... :-)

Brother Ahmad, syukron jazzakulloh sudah mampir, salam ukhuwah...

Barokalloh!

^_^