Photobucket

Monday, June 3, 2013

Sekilas Kesan & Info Suasana di Kuwait






Assalamu'alaykum dear friends!:-)

Sewaktu tiba pertama kali di Kuwait, saya sudah 'nulis sekilas' di link ini yah (^-^)... 






Pics : View from my window, in Al-Salmiyah, then in Al-Rai, in Sultan street...Kuwait


   Dengan mata sehat, walhamdulillah, kita dapat melihat keindahan pemandangan tersebut. Saya memotretnya hanya dari balik jendela, :-) karena suhu di luar sudah di atas 50 derajat Celsius...

Beberapa hal yang saya catat selama 2 bulan ini di Kuwait :

1. Pengurus bandara Kuwait sangat baik, bayangkanlah... saya menolak dan tampak ketakutan saat banyak petugas di bandara (dengan seragam khusus) yang mau membantu membawa barang-barangku. Begitu saya dan anak-anak memasuki Kuwait, ternyata ratusan penumpang pesawat yang kami tumpangi "tidak bersama kami lagi" alias transit saja, mereka rata-rata bertujuan ke Jeddah dan Eropa. Jadi, hanya sekitar 5 keluarga penumpang yang barengan menanti barang di bagasi, saya dan anak-anak tertinggal di belakang mereka. 
Untungnya ketiga jagoan sudah tidak mengantuk lagi, jadi abang Azzam memegang tas kabin dan mendorong kereta baby Zizi, sedangkan Sayyif memegang tas kecil dan berdiri di dekat abangnya. Saya mengumpulkan barang- barang bagasi sendirian, :-). Sudah beberapa orang petugas bilang, "Madam, can I help you?" Namun saking takutnya di tempat yang baru (saya kira mereka calo hehehe) saya jawab, "No, thanks, please, don't disturb me, I can... Thanks..."

Eh, :-D pas sampai di pintu keluar (momen ketemu dengan mas Angga), seorang petugas seorang bandara menyapa dengan ramah dan tersenyum, dia kebingungan kok saya mendorong trolley sendirian. Ternyata bantuan dari petugas-petugas disana adalah gratis! *faghfirliii* Lagi pun, ada orang Melayu di antara petugas-petugas tersebut (tadinya dia berbahasa Malaysia dgn saya, "Saye bantu yah, akak..." But I'm afraid...:-/ semoga Allah ta'ala mengampuni atas dzon ini, aamiin....)

2. Di Kuwait, mobil adalah kebutuhan primer. Semua urusan prosedur (formality) tidak di satu tempat. Jadi kita harus ke banyak tempat di cuaca panas dan antrian banyak orang, :-). Namun, budaya "lady and kids first" berlaku, jadi bawalah anak-anak kemana-mana supaya lebih didahulukan orang.

3. Untuk SIM mobil, lebih lelet urusannya dibandingkan urusan iqomah (civil ID). Kalian harus membuat istimara dengan menyertakan ijazah dan work-permit, kemudian latihan mengemudi dan tes SIM yang berulang-ulang. *suamiku mendapat kemudahan saat membuat istimara ini, meskipun sudah 'ngotot-an' sebab orang Kuwait bisa salah nge-cap ijazah kita lho... (Sedangkan ijazah asli kita yg dikeluarkan oleh Universitas atau sekolah di Indonesia tidak boleh kita tambah-tambahi cap lainnya.)*
Kami tidak melanjutkan pembuatan SIM dan tidak tertarik untuk membeli mobil, kami mengandalkan taxy karena tidak mau tinggal terlalu lama disini. :-)

4. Di Kuwait, orang aslinya hanya 30 %. Kebanyakan penghuni Kuwait adalah pekerja pendatang dari ragam negara, termasuk dari Indonesia, Malaysia, Eropa, Amerika dan negara Arab miskin di sekitarnya.

5. Tidak ada tukang parkir di Kuwait, tidak ada garasi mobil yang digembok, :-). Mobil-mobil mewah terkapar dimana-mana, harga mobil disini amat 'murah'. Misalnya 1/5 dari harga mobil di Indonesia, ada juga mobil mewah yang disini harganya hanya 10% dari harga jual mobil itu di Indonesia.

6. Harga appartemen adalah stabil sepanjang 5 tahun tinggal. Namun, harga sewa appartemen disini adalah 2 X lipat lebih mahal dari pada harga sewa appartemen di Krakow, alias 4 X lipat lebih mahal dari pada sewa appartemen di Malaysia.

7. Makanan dan kebutuhan pokok amat murah meriah, banyak yang disubsidi pemerintah. Bensin sekitar 2rb rupiah, jus dan susu UHT harganya 1/2 dari harga biasa jus atau susu UHT di Indonesia. Keju, roti, gandum, susu murni adalah sama murah dengan harga di Polandia. Di Indo, mahal semua, kan...

8. Barang elektronik amat murah, kayak beli kacang goreng, :-D
Watt-tinggi kalau elektronik, listrik jor-joran, boleh dipakai sebebasnya, air pun demikian. Listrik& air gratis. 

9. Hampir semua perusahaan (negeri dan swasta) memiliki budaya kerja yang sama, "lelet, malas, lemot euy..." Lagi pula, ada peraturan pemerintahnya yang memberikan gaji pada Kuwaiti (pribumi) harus 2 atau 3 kali lipat dari gaji karyawan non-Kuwaiti (secerdas atau setinggi apa pun karya kerja keras sang karyawan). Tambahan lagi, semua Kuwaiti memang dikasih jatah bulanan dan logistik yang besar dari Pemerintah, sehingga seringkali membuat mereka semena-mena dalam bersikap dan bekerja.

10. Dimana-mana ada masjid, sekitar tiap 400meter selalu ketemu masjid. Namun tidak penuh shaffnya, kecuali hari Jum'at. Yang alim, yang rajin sholat ke masjid, yg ramah biasanya non-Kuwaiti, non-Arab... Wallohu'alam kenapa bisa begini, hehehe... Namun ada juga Arab yang ramah dan baik hati jika sudah 'open minded' dan memahami Islam dgn baik, seperti Harits (penjaga appartemen) kami.

11. Mayoritas WNI di Kuwait adalah perawat. Sepertinya gaji perawat disini adalah yang tertinggi di dunia, kemudahan dan kelancaran fasilitas bagi perawat disini amat banyak. Subhanalloh... Banyak anak-anak Indonesia yang menjadi tahfidz qur'an~ dibesarkan secara baik dengan lingkungan yang baik disini, meskipun ayah dan ibu mereka sibuk dinas sebagai perawat. Salut!

12. Visa untuk PRT buat WNI tidak ada lagi. Adapun jika memerlukan bantuan asisten RT, ibu-ibu Bangladeshi sering 'nongkrong' di tikungan, termasuk di ujung jalan depan appartemenku. Atau mereka akan mengetuk pintu appartemen dan menawarkan jasa 'beres-beres rumah'. Saya tidak berani menggunakan jasa mereka, 'tidak sreg di hati'. 

13. Sampah-sampah sering dibuang sembarangan di jalan-jalan (terutama oleh Kuwaiti:-(. Ada ciri khusus mobil mereka yang besar dan bentuk pick up, khusus mobil buat Kuwaiti). Mereka seenaknya melempar sampah dengan kasar dari dalam mobil, amat sering. Bahkan seenaknya buang botol atau sisa makanan di tempat umum, 'tidak etis dan jorok...', menurutku.

14. Banyak orang atau pihak yang tidak bisa dipegang omongannya~ disini! Beda dengan budaya kita kerja di Eropa, 'everything must on-time...' Sedangkan disini, "on-time is very amazing! Antar orang yang terbiasa on-time saja yang dapat saling percaya..." :-)

15. Filipine women amat banyak. Dan ketika kamu membuka website apa saja di Kuwait, rata-rata muncul iklan si Filipine, yah penjualan body mereka. Forum-forum perdagangan wanita cukup bebas, Naudzubillahiminzaliik...
Padahal masuk Kuwait amat ribet persyaratannya, lagi pula orang sini banyak yang beristri sampai 4 (poligami), mungkin saking besar syahwatnya, hingga memerlukan pembelian 'calling-girls' tersebut, naudzubillahi minzaliik... No offense dgn Filp, namun 'records' mereka memang kurang baik. Sejak saya tinggal di Bangkok, KL, Poland, banyak teman yang saling 'curhat' tentang ulah mereka Filp. Mereka sangat 'American-style' doyan kumpul kebo, sering 'nyomot suami orang' (banyak perceraian teman WNA juga gara-gara ulah Filp girl yang mengganggu RT mereka), doyan "morotin" orang. Namun tetap saja ada orang baiknya donk, :-) Saya tetap mengenang teman Filp muslim yang di Bangkok, juga guru pertama Ekkamai KG school tempat Azzam sekolah, Miss M (Filp woman). Ciri khasnya yang beneran orang baik dan tulus bisa dirasakan oleh nurani, sob! ^_^

16. Semua bisa dibeli Online, termasuk menu sarapan, maksi, makan malam, mainan anak, popok, dan keperluan sehari-hari---tapi toko-toko OL disini tidak sedisiplin yang di Eropa, :-). Mereka sering lama mengantarkan pesanan, kadang harus ditelepon dua atau tiga kali ulang. :-/

17. Bagi penggemar ikan atau menu masakan laut, disini tempat yang enak. Kalau di Poland, sea-food mahal... Kuwait dikelilingi laut, jadi appartemenku dekat pantai.
Bahkan pemerintah mengelola air laut dengan dana yang besar untuk menjadi air bersih yang dapat digunakan masyarakat (air dari kran telah aman untuk diminum).
Di Kuwait, banyak menu ikan, udang dan yang lainnya, mudah ditemukan. Buat penggemar menu Indonesia, India-Pakistan kuliner, juga menu asia lainnya, disini komplet dan murah. :-) Alhamdulillah...

Oh,ya... Kuwait ini amat toleransi pergaulannya, di appartemenku banyak orang asing (yang bukan muslim), orang Arab pun jika bertemu kalian~jangan langsung mengira bahwa Arab=muslim, sebab di Kuwait (dan GCC pada umumnya) ada banyak umat kristen dan Yahudi. Sering pula kaum nasrani dan yahudi memakai busana khas negeri Teluk, :-) Great !
Jadi di Kuwait, kalian bisa melihat banyak wanita bercadar atau tertutup seluruh tubuh (pakai sarung tangan) hingga hanya bola-matanya saja yang tampak dan bisa juga melihat banyak wanita yang pakaiannya minim. *dianggap sudah biasa* :-'( Begitu pun pria, banyak yang menggunakan jubah khas Arab, namun banyak juga yang seliweran bercelana pendek plus baju ngepas-badan.

Yah harus kian bersyukur setiap waktu, Allah selalu menuntun kita untuk menemukan hikmah di setiap peristiwa, #CatatanCintaNyadiKrakow ;-)

Nanti sambung lagi yah, barokalloh!
Walhamdulillah, nanti sambung lagi yah.... ^^Salam Ukhuwah dari Krakow Kuwait ^-^

(twitter : @bidadari_azzam)

:-) Wassalamu'alaykumwrwb.



9 comments:

Siti Hairul Dayah/ catatansiemak said...

ngikik waktu baca bwlah ank2..hehehe..pengen kesana suatu saat nanti..secara di indo cuman bs makan kurmanya doank :)

bidadari_Azzam said...

Hihihi, iya Mak. kalau gak bawa anak, ntar dikira -face Filipine- yg jadi maid atau pelayan resto pas urusan-urusan formality. :-D
Anak-anak yang sholeh dan keren ini menjadi bukti kalau kita kesini adalah super-mom yang support suami, bukan TKW.

Kurma-nya kan bisa pas di Makkah/Madinah, mak! :-D hehehe...

Import dari Saudi untuk pangan (kayak makanan instant, bumbu Indonesia) itu banyak.

keke naima said...

selalu ada plus minus dr crt setiap negara, ya, Mbak :)

Fitri3boys said...

wah wah sudah 2 bulan yah di Kuwait..........baru kemarin rasanya mampir disini baca soal Gamca itu..

bidadari_Azzam said...

Benar mbak Keke Naima... :-) thanks dah mampir.
Kita pas pindah-pindah, meski bnyk urusan administrasi~ jd bnyk tau juga plus minus setiap tmpat, nmbh ilmu, *bekal ke dpn, juga buat generasi selanjutnya* ^_^

Mbak Fitri, iya...pas nulis Gamca kan, sudah "calm down" hehehehe.... Bukan pas 2 bulan say, sebenarnya masuk 2 bln. Subhanalloh, mau cerita pas ngurus CID (iqomah, alias KTP) tp bingung mulai dari mana. alhamdulillah, 1 bulan disini, sudah pegang iqomah, :-D.
Jadi lumayan punya senggang buat posting dan memperbaiki draft-draft... ^_^ Makanya ini judulnya juga 'sekilas' (waduh sekilas aja panjang yah say, apelagi "cerita kompletnya"...:-D hihihi). Salam syg buat the kids, say^_^

Honey said...

aku belom pernah keluar negeri -_-

bidadari_Azzam said...

Sering mampir kesini yah sist Honey, banyak info dari curhatku, bisa jd bekal brmanfaat pas nanti ke LN, say... Insya Allah 'nyusul', dear... Aamiin.:-*

Liza said...

pingin deh ke sana.. melihat bagaimana kuwait yang selama ini hanya liza baca di buku geografi

Anonymous said...



Good Day ,
I am a dynamic financial assistance. I loan funds
out to individuals in need of financial assistance,
that have a bad
credit or in need of money to pay bills or to invest
on business. I
want
to use this medium to inform you that we render
reliable and
beneficiary assistance as be glad to offer you a
loan. Presently i own
45% of the
shares in CGP(Capital Group PLC, London) a
government approved Financial. Institute. I am
currently setting up a
scheme in form of
Loan acquisition. to help various individuals as
well as organizations
who have intentions of. renovating, debt
consolidation, re-financing
and also establishment of. business outfits. I am
an international
business man and Lender that has offered Loans
to so various
individual and firms in Europe, Asia, Africa and
other parts of the
world. We give out our Loan in USD($) and GBP
(£). The maximum loan term we can offer is 30
Years at fixed interest
rate of 3% per year. But before we can proceed
you are expected to.
inform us of the exact loan amount requested so
as to enable us provide you. with the Loan Terms
and Conditions.
Please, do complete the short. application form
given below we
promised to help you out okay..
FILL THE BORROWER'S INFORMATION:
Your Name:______________________
Your Address:____________________
Age/ Sex _________________
Your Country:____________________
Your Occupation:__________________
Loan Amount Needed:______________
Loan Duration:____________________
Monthly Income:__________________
Cell phone Number:________________
Have you apply for online loan before______
Email:ericjohnsonloanmanagement45@gmail.com.
I await your swift response to this mail.
(Regards)
ERIC JOHNSON LOAN MANAGEMENT45 Inc.
DIRECTOR/ CEO: Mr. ERIC
LICENSE No: 98267